Bahan Mentah Untuk Antropologi

 

  1. Masalah ruang lingkup dan dasar Antropologi

Ilmu Antropolologi merupakan suatu ilmu yang mempelajari mahluk Antropos atau manusia, merupakan integrasi dari beberapa ilmu yang masing-masing mempelajari suatu kompleks masalaha-masalah khusus mengenai mahluk manusia.

Cara terbaik untuk mencapai pengertian ilmu antropologi adalah dengan mempelajari apakah ilmu yang menjadi pangkal dari antropologi, dan bagaimanakah garis besar prosess perkembangan yang mengitegrasikan ilmu-ilmu pangkal tadi, kemudian mempelajari bagaimana penerapannya dibeberapa Negara yang berbeda samasekali satu dengna lainnya.

 

  1. Bahan tentang adapt-istiadat bangsa-bangsa diluar Eropa

Yang sangat penting untuk perkembangan pertama dari Antropologi adalah bahan keterangan adapt-istiadat dan bentuk-bentuk masyarakat suku-suku bangsa penduduk pribumi dari Afrika, Asia, Oseania dan Amerika, yang ditulis oleh orang-orang Eropa Barat ketika bangsa-bangsa Eropa Barat mulai berexpansi kedaerah-daerah lain dimuka bumi. Bahan keterangna itu termuat dalam :

  1. Kisah-kisah perjalanan para pelaut dan musafir bangsa Eropa

  2. Laporan dan buku-buku karangan para penyiar agama Katolik atau Kristen diantara bangsa-bangsa penduduk daerah-daerah di Afrika, Asia, Oseania, atau Amerika Latin.

  3. Laporan dan karangan-karangan para pegawai dari berbagai daerah jajahan Negara-negara Eropa.

  4. Dalam buku-buku yang ditulis oleh para peneliti alam dan para ahli bumi dari berbagai negara-negara Eropa Barat, yang melakukan penjelajahn keberbagai daerah tersebut

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: